Monday 30 December 2013

Pondasi Agar Anak Suka Makan

Pondasi Agar Anak Suka Makan

By Kasna Ak on Thursday, May 26, 2011 at 10:59pm
Tips Memperkenalkan Pola Makan Sehat untuk Anak
Tak sedikit bunda yang mengeluh si kecil susah makan atau pilih-pilih makanan. Sebenarnya kunci sukses memperkenalkan pola makan yang sehat dimulai dari usia 6 bulan saat ia diperkenalkan pada pengalaman baru beragam cita rasa. Pernah liat anak 6 bulan milih-milih makan bun? Pada  usia tersebut mereka lebih adaptif terhadap beragam rasa. Bahkan yang menurut kita orang dewasa tidak enak atau hambar.
Pilihan variasi menu dan bahan makanan yang bunda siapkan di usia ini menjadi dasar kebiasaan makan anak saat mereka tumbuh lebih besar.

Setelah si kecil wisuda ASI eksklusif mulailah memperkenalkan berbagai jenis makanan pada anak. Tentu saja pada usia ini, makanan yang diberikan harus dilumatkan agar mudah dicerna. Beri kesempatan anak untuk mencoba variasi makanan baru, dan lihat reaksinya.
Cobalah untuk memberi satu jenis makanan baru dalam satu waktu sehingga dapat diketahui apa yang disukai dan kurang disukai anak. Terutama jika ada makanan yang memicu alergi, jika diberikan satu persatu dapat langsung diketahui.
Jangan ragu memperkenalkan beragam jenis makanan pada anak agar ia tumbuh sebagai anak yang menyukai bermacam menu dan tidak pilih-pilih makan.

Tapi bunda perlu mengingat beberapa hal saat menyiapkan makanan untuk si kecil:
  • Hindari menggunakan garam, gula atau penyedap rasa lainnya agar anak mengenal rasa murni dari makanan.
  • Cuci bersih dengan air mengalir yang bersih saat menyiapkan makanan dari buah dan sayuran yang tidak dimasak. Seperti sate buah, salad, jus segar dan sebagainya.
  • Masaklah semua makanan hingga benar-benar matang, agar anak terhindar dari bakteri dan kuman yang melekat pada bahan makanan mentah.
  • Hindari memberi terlalu sering makanan yang dibakar diatas arang, seperti sate atau barbekyu untuk menghindari resiko penyakit kanker di kemudian hari.
  • Variasi jenis masakan rebusan atau kukus atau panggang di oven toaster untuk mengganti resep makanan yang digoreng.
  • Jika terpaksa harus menggoreng, gunakan minyak goreng yang baik dan gunakan hanya sekali pakai. Pilih minyak zaitun jika perlu.
  • Hindari terlalu sering memberi makanan olahan karena mungkin mengandung bahan yang kurang baik untuk kesehatan balita seperti bahan pengawet yang berlebihan.
  • Usahakan untuk membuat atau mengolah sendiri bahan makanan untuk balita, misalnya membuat sendiri nugget atau bakso. Selain dapat dipastikan bahan pembuatnya juga dapat divariasikan dengan sayuran dan sebagainya.

SUMBER: http://www.menumakananbalita.com/2011/tips-dan-artikel/tips-menyiapkan-mpasi-pemula/

No comments:

Post a Comment