Saturday 28 December 2013

Sarapan Buah

Panduan Sarapan Buah
INFO dari milis gizibayibalita [Pak Wied]:

1. apakah bisa buah apa saja? adakah yang tidak boleh dimakan pagi2 untuk pengidap sakit maag?

1A. Buah untuk makan pagi dan kudapan pagi adalah (a) buah suhu ruangan - jika selumnya disimpan dalam lemari es, harus dikluarkan dulu 2-3 jam sebelum dikonsumsi agar mencapai suhu ruang; (b) selain duren dan nangka/cempedak, karena duren dan nangka/cempedak mengandung gula alkoholik yg mudah menaikkan kadar gula darah dan kadar lemak -khususnya kolesterol- darah [untuk yang sensitif, buah terlalu matang dan/atau terlalu manis, sebaiknya juga dihindari dan/atau dibatasi]; (c) bukan avokad maupun tomat, karena keduanya rendah kandungan gulanya, sehingga tidak dikelompokkan dalam golongan buah, tetapi dimasukkan dalam golongan sayuran.

1B. Makan buah pagi2, bikin mules; itu hanya mitos dan keyakinan yang terus dipelihara turun-temurun. Padahal: (1) produksi asam lambung meningkat jika lambung terisi dengan makanan dan/atau kombinasi makanan sulit cerna, terutama makanan berlemak dan/atau kombinasi pati-protein-lemak dalam jumlah sama dominan (misalnya nasi padang). (2) makan buah tidak merangsang produksi asam lambung berlebihan, tapi justru meringankan kerja lambung karena buah mengandung gula buah mudah cerna dan juga sudah dilengkapi enzim alami pengurai karbo sederhana dalam buah. Buah asam bukan pencetus nyeri lambung (sejauh dikunyah dengan baik), karena asam dalam buah adalah asam alami yang justru bersifat pembentuk basa (alkaline forming). Yang merangsang membanjirnya produksi asam lambung adalah asam sintetis seperti cuka meja/cuka sintetis, yang bersifat pembentuk asam (acid forming).

2. apakah harus segera setelah bangun tidur? bayi saya (9m) bangun pagi sekitar jam 4 atau 5 pagi, apakah boleh sepagi itu makan buah2an ? saya biasanya minum asi dulu, baru sekitar stengah 7 atau jam 7 buah2an.
 Boleh. Kalau dia belum lahap, mungkin karena masih mengantuk, berikan saja jus buah (tanpa tambahan air/madu/gula/sirup/susu/ dll). Diberi ASI dulu pun, boleh. Karena buah maupun ASI sama-sama jenis makanan mudah cerna, karena keduanya sama-sama memiliki susunan molekul sederhana dan memiliki kandungan enzim alami yang membantu memecah nutrisi sumber kalori (karbo-protein-lemak). Diberikan buah dan/atau jus buah ketika bayi bangun tidur adalah untuk membangun kebiasaan makannya, agar setelah besar pun dia akan terbiasa dengan pola ini (begitu bangun tidur, langsung minum jus buah dan/atau buah potong - sebelum mencari makanan apapun lainnya).

3. apa betul buah2an tidak boleh dimakan bareng karbohidrat? .
Ya, sebaiknya buah-buahan dimakan terpisah atau 15-30 menit sebelum makan karbo/pati. Alasannya: buah mengandung karbo sederhana, yakni gula buah, yang mudah terurai. Jika gula terurai ini bercampur dengan makanan lain (yang belum terurai) dalam sistem cerna kita, maka gula akan "memfermentasi" nutrisi lain dalam karbo dkk, sehingga manfaat nutrisinya tidak bisa diserap optimal oleh tubuh kita. Karena itu, kita dianjurkan mengonsumsi buah ketika perut kosong, misalnya 15-30 menit sebelum makan atau jeda di antara waktu makan (snack time).

No comments:

Post a Comment